cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 10 Documents clear
PENGARUH RESPON VIEWERS TENTANG KONTEN FOOD VLOGGER @JOGJABIKINLAPER TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DI YOGYAKARTA THE EFFECT OF VIEWERS' RESPONSE ABOUT THE CONTENT OF FOOD VLOGGER @JOGJABIKINLAPER ON INTEREST IN BUYING FOOD IN YOGYAKARTA qurlita syaharani; novianto yudha laksana
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19178

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh respon viewers tentang konten food vlogger @jogjabikinlaper terhadap minat beli makanan di Yogyakarta melalui respon dari viewers-nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan skala likert. Data yang diperoleh dilakukan dengan analisis uji asumsi klasik dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Seluruh pengujian dan analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara respon viewers tentang konten food vlogger @jogjabikinlaper (X) terhadap minat beli makanan di Yogyakarta (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,859 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi hasil uji kurang dari 0,05 sehingga penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Perubahan pada variabel bebas akan mempengaruhi sebesar 0,859 atau 85,9% terhadap perubahan pada variabel terikat.Kata Kunci : food vlogger, respon, minat beliAbstractThe purpose of this study was to determine the effect of viewers' responses on food vlogger @jogjabikinlaper's content on interest in buying food in Yogyakarta through responses from viewers. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sample size of this study was 100 respondents. This study used a data collection technique in the form of a closed questionnaire with a Likert scale. The data obtained was carried out by classical assumption test analysis and hypothesis testing was carried out by simple linear regression analysis. All data testing and analysis were carried out with the help of IBM SPSS Statistics 25 software. The results of this study indicate that there is a significant positive effect between viewers' responses to the food vlogger @jogjabikinlaper (X)'s content and interest in buying food in Yogyakarta (Y). This is evidenced by the regression coefficient value of 0.859 with a significance level of 0.000. The significance level of the test results is less than 0.05 so this study rejects H0 and accepts H1. Changes in the independent variables will affect 0.859 or 85.9% of changes in the dependent variable.Keywords : food vlogger, response, buying interest
STRATEGI NEGOSIASI PERAN GENDER SUAMI ISTRI DALAM KELUARGA PAMONG PRAJA (PAPA MOMONG-MAMA KERJA) DI PURBALINGGA THE GENDER ROLE NEGOTIATION STRATEGY OF HUSBAND AND WIFE IN THE PAMONG PRAJA (PAPA MOMONG-MAMA KERJA) FAMILY AT PURBALINGGA tara belinda; wuri handayani
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19173

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi negosiasi peran gender suami istri yang terjadi dalam keluarga “Pamong Praja”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara mendalam. Dalam penentuan informan menggunakan teknik purpossive sampling, yang dihasilkan berupa tiga pasangan suami istri keluarga “Pamong Praja”. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, sedangkan teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi, keterbukaan dengan menyampaikan perasaan satu sama lain, kerjasama, toleransi, dan mencari solusi bersama merupakan negosiasi peran gender yang dilakukan oleh ketiga pasangan keluarga “Pamong Praja” yang akhirnya menghasilkan kesepakatan pembagian peran gender dalam keluarga. Dalam melakukan negosiasi, pasangan suami dan istri saling bergantung satu sama lain, saling menyesuaikan perubahan, dan menciptakan nilai bahwa setuju untuk melakukan perubahan peran gender demi terpenuhinya kebutuhan ekonomi, anak, dan kebutuhan sosial lainnya. Pada awal perubahan peran gender, ketiga suami kesulitan menggantikan peran istri khususnya dalam hal pengasuhan anak. Hal inilah yang menimbulkan konflik dalam keluarga. Konflik diselesaikan dengan strategi openness dan collaborative sehingga menimbulkan perasaan yang sama untuk saling memahami satu sama lain. Ketiga pasangan suami istri memahami bahwa pertukaran yang terjadi atas dasar keikhlasan, kerelaan, dan kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi. Sehingga proses negosiasi dapat lebih mudah untuk dijalankan.Kata kunci : Pasangan Suami Istri, Negosiasi Peran, Perspekif Gender. AbstractThis study aims to determine the negotiation strategy of husband and wife gender roles that occur in the "Pamong Praja" family. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The data collection technique is through in-depth interviews. In determining the informants using a purposive sampling technique, the results are three married couples from the "Pamong Praja" family. The data validity technique used the source triangulation technique, while the data analysis technique used the Miles and Huberman model. The results showed that discussion, openness by conveying feelings to each other, cooperation, tolerance, and finding joint solutions were gender role negotiations carried out by the three "Pamong Praja" family couples which eventually resulted in an agreement on the division of gender roles in the family. In negotiating, husband and wife depend on each other, adjust to changes, and create value that agree to change gender roles in order to meet economic needs, children, and other social needs. At the beginning of the change in gender roles, the three husbands found it difficult to replace the wife's role, especially in terms of child care. This causes conflict in the family. Conflicts are resolved with openness and collaborative strategies so that they cause the same feeling to understand each other. The three married couples understand that exchanges that occur on the basis of sincerity, willingness, and family needs must be met. So that the negotiation process can be easier to run.Keywords : Married Couples, Role Negotiation, Gender Perspective.
IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA PT SOLUSI BANGUN INDONESIA TBK CILACAP IMPLEMENTATION OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM IN IMPROVING THE IMAGE OF PT SOLUSI BANGUN INDONESIA TBK CILACAP aulia arifiyama; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19179

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tahapan implementasi program Corporate Social Responsibility PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, (2) mengetahui bentuk-bentuk implementasi program Corporate Social Responsibility PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi program Corporate Social Responsibility PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, (4) mengetahui dampak implementasi program Corporate Social Responsibility PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan implementasi CSR PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap dilakukan oleh Community Relations melalui tahapan manajemen PR yaitu Pengumpulan Fakta (Defining the problem), Perencanaan dan penyusunan program (Planning and programming), Melakukan tindakan dan komunikasi (Taking Action and Communicating), Monitoring dan Evaluasi Program (Evaluating program). Bentuk-bentuk implementasi CSR PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap diwujudkan melalui bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang sosial, bidang ekonomi dan infrastruktur. Hal tersebut mendapatkan respon dan tanggapan postif dari masyarakat terhadap PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi CSR yang dilaksankan dapat meningkatkan citra positif perusahaan di benak publiknya. Faktor penghambat yang ditemui yaitu pandangan masyarakat yang menganggap bahwa CSR merupakan bantuan hibah atau bantuan langsung dan tidak perlu dikembalikan dan refocusing dana menyebabkan anggaran lebih terbatas sehingga pelaksanaan CSR tidak maksimal seperti sebelumnya. Faktor pendukung adalah dukungan dan antusias dari masyarakat, kebijakan perusahaan dan kebijakan pemerintah yang berlaku.Kata Kunci : Implementasi, Corporate Social Responsibility, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, Citra perusahaan AbstractThe objectives of this study are: (1) to know the stages of implementing the Corporate Social Responsibility PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, (2) to know the forms of program implementation Corporate Social Responsibility of PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, (3) knowing the factors supporting and inhibiting the implementation of the Corporate Social Responsibility Indonesia Tbk Cilacap, (4) knowing the impact of implementing the Corporate Social Responsibility PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap. This study uses a qualitative approach. The results showed that the stages of implementing CSR PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap were carried out by Relations through the stages of PR management, namely Defining the problem, Planning and programming, Taking action and Communicating, Monitoring and Evaluating program. The forms of CSR implementation of PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap are realized through the health, education, social, economic and infrastructure sectors. This has received a positive response and response from the public towards PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, so it can be concluded that the implementation of CSR implemented can improve the company's positive image in the public's mind. The inhibiting factors encountered were the public's view that CSR was a grant or direct assistance and did not need to be returned and refocusing of funds caused the budget to be more limited so that the implementation of CSR was not as optimal as before. Supporting factors are support and enthusiasm from the community, company policies and applicable government policies. Keywords : Implementation, Corporate Social Responsibility, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, Corporate image
UNGGAHAN INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) SEBAGAI SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT YOGYAKARTA UNGGAHAN INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) SEBAGAI SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT YOGYAKARTA amrullah surya hartama; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19174

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana unggahan Info Cegatan Jogja (ICJ) sebagai sumber informasi bagi masyarkat Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 11 Januari hingga 8 Februari  2021 di Grup Info Cegatan Joga (ICJ) pada media digital facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat enam jenis-jenis informasi dalam grup Info Cegatan Jogja yaitu iklan, berita kehilangan, keluhan, informasi kecelakaan, informasi tindakan kriminal dan informasi bencana alam, (2) Unggahan Grup Info Cegatan Jogja (ICJ) sudah memenuhi karakteristik informasi yang berkualitas karena sudah meliputi karakteristik effectiveness, efficiency, confidentialit, integrity, availability, dan reliability.  Tetapi masih belum memenuhi salah satu karakteristik informasi berkualitas compliance, (3) Grup Info Cegatan Jogja (ICJ) memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat Yogyakarta. Kata kunci : Unggahan, Informasi, Info Cegatan Jogja(ICJ) AbstractThis  study aims to find out about the upload on Info Cegatan Jogja (ICJ)  as a source of information for the people of Yogyakarta. This research is a content analysis research that uses a qualitative approach. This research was conducted from 11 January 2021 to 8 February 2021 at the Info Group Cegatan Jogja (ICJ) on the digital media facebook. The results showed that (1) there were six types of information in the Info CegatanJogja group, namely advertisements, news of loss, complaints, accident information, information on criminal acts and information on natural disasters. Based on the percentage diagram for each upload, posts are dominated by advertisements, followed by information loss and the least percentage is entertainment uploads (2) Uploads of the JogjaCegatan Info Group (ICJ) have met the characteristics of quality information because they include the characteristics of effectiveness, efficiency, confidentiality, integrity, availability, and reliability. However, it still does not meet one of the characteristics of compliance quality information because the uploaded information is not a criterion for information about business. (3) The JogjaCegatan Info Group (ICJ) is very useful for the people of Yogyakarta. This is evidenced by the observations of researchers who found many positive responses from the people of Yogyakarta.Keywords : Upload, Information, Jogja Intercept Info (ICJ)
PERSEPSI IKLAN GOJEK VERSI PARA PENJAGA AMANAH DI YOUTUBE PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERCEPTION OF GOJEK ADVERTISING “PARA PENJAGA AMANAH” VERSION ON YOUTUBE IN STUDENTS OF COMMUNICATION STUDIES PROGRAM OF YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY archan julian siswanto; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19175

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi iklan Gojek versi Para Penjaga Amanah di Youtube pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian yaitu mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 85 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikirimkan secara online. Angket penelitian diuji validitas menggunakan teknik korelasi product moment (Pearson Correlation) dan reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Segala pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini pada variabel persepsi mahasiswa menunjukkan pada dimensi pengorganisasian bahwa mahasiswa mampu memahami susunan kata-kata dan alur cerita, merasa tertarik dan menimbulkan rasa penasaran untuk terus mengikuti alur cerita, tidak merasa bosan dengan durasi penayangan iklan, namun mahasiswa merasa jarang menemukan iklan tersebut saat mengakses Youtube. Sementara pada dimensi penafsirasn bahwa mahasiswa mudah memahami pesan utama iklan, menilai iklan tersebut memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, menilai iklan tersebut memiliki durasi penayangan yang ideal, dan menilai iklan tersebut memiliki frekuensi penayangan iklan yang masih kurang sehingga perlu ditingkatkan lagi.Kata kunci : persepsi, durasi penayangan iklan, frekuensi penayangan iklan Abstract            The purpose of this thesis is to know the perception of Gojek advertising “Para Penjaga Amanah” version on Youtube in students of Communication Studies Program of Yogyakarta State University. This research uses quantitative approach with survey method. The research population is students of Communication Studies Program of Yogyakarta State University. The number of samples taken as many as 85 respondents with proportional stratified random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires submitted online. The research questionnaire tested validity using product moment correlation technique (Pearson Correlation) and reliability using Cronbach's Alpha technique. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis. All tests in this study were conducted with the help of IBM SPSS 22 program. The results of this thesis showed in the students perception variabel that dimension of organizing that students are able to understand the wording and storyline, feel interested and cause curiosity to continue to follow the storyline, do not feel bored with the duration of ad serving, but they feel rarely find these ads when accessing Youtube. While in the interpreter dimension that students easily understand the main message of the ad, assess the ad has its own uniqueness and characteristics, assess the ad has an ideal duration of delivery, and assess the ad has a frequency of ad delivery is still less so that it needs to be improved.Keywords : perception, ad serving duration, ad serving frequency
PROGRAM KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI (BNNP) DIY DALAM UPAYA MENGATASI BAHAYA PEREDARAN NARKOBA PROVINCE OF COMMUNICATION PROGRAM FOR THE NATIONAL NARCOTICS AGENCY (BNNP) DIY IN AN EFFORT TO OVERCOME THE DANGERS OF DRUGS CIRCULATION lailatun najihah; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19170

Abstract

Abstrak            Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahuiNNP DIY apa saja program komunikasi BNNP DIY dalam upaya mengatasi bahaya peredaran narkoba, (2) mengetahui hasil analisis SWOT program komunikasi di BNNP DIY dalam upaya mengatasi bahaya peredaran narkoba, (3) mengetahui faktor-faktor keberhasilan program komunikasi BNNP DIY dalam upaya mengatasi bahaya peredaran narkoba. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah: (1) program komunikasi yang dilakukan BNNP DIY antara lain program komunikasi tatap muka, media luar ruang, media cetak, media elektronik, media online dan pagelaran seni, (2) analisis SWOT program komunikasi BNNP DIY ialah 1) kekuatan yaitu adanya analisis jabatan untuk menempatkan pegawai sesuai bidangnya; 2) kelemahan yaitu minimnya softskill dan kurangnya personil khusus di bidang kehumasan; 3) peluang yaitu adanya teknologi komunikasi; 4) ancaman yaitu adanya rangkap jabatan membuat kinerja pegawai tidak maksimal, (3) Faktor keberhasilan pada program komunikasi yang telah dilakukan oleh BNNP DIY dalam upaya mengatasi bahaya peredaran narkoba antara lain: 1) Accomodation yaitu memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaiakan saran; 2) Adaptability yaitu menampung saran dari khalayak untuk dilakukan assessment; 3) Awareness yaitu saling membantu dan bekerja sama antara bagian; 4) Abilities yaitu mengikuti minat atau ketertarikan khalayak saat ini.Kata kunci: Komunikasi, Program Komunikasi, Analisis SWOT, dan BNNP DIY Abstract            The aims of this research are: (1) to find out what NNP DIY is in BNNP DIY's communication program in an effort to overcome the dangers of drug trafficking, (2) to find out the results of the SWOT analysis of the communication program at BNNP DIY in an effort to overcome the dangers of drug trafficking, (3) to find out the success factors BNNP DIY communication program in an effort to overcome the dangers of drug trafficking. This research method is a qualitative method. Research subjects were determined by purposive sampling technique. The data analysis technique uses Miles and Huberman model data analysis. The results of this study are: (1) communication programs carried out by BNNP DIY include face-to-face communication programs, outdoor media, print media, electronic media, online media and art performances, (2) SWOT analysis of BNNP DIY communication programs are 1) strengths namely the existence of job analysis to place employees according to their fields; 2) weaknesses, namely the lack of soft skills and the lack of special personnel in the field of public relations; 3) opportunities, namely the existence of communication technology; 4) threats, namely the existence of multiple positions that make employee performance not optimal, (3) The success factors in the communication program that have been carried out by BNNP DIY in an effort to overcome the dangers of drug trafficking include: 1) Accomodation, namely providing space for the community to convey suggestions; 2) Adaptability, which is to accommodate suggestions from the public for assessment; 3) Awareness, namely helping each other and working together between departments; 4) Abilities, namely following the interests or interests of the current audience.Keywords: Communication, Communication Program, SWOT Analysis, and BNNP DIY
AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA MELALUI MEDIA DARING DI SMP N 2 SAPURAN INTERPERSONAL COMMUNICATION ACTIVITES BETWEEN TEACHERS AND STUDENTS THROUGH ONLINE MEDIA AT SMP N 2 SAPURAN savannah yohan devi; suranto suranto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19176

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi interpersonal guru dan siswa melalui media daring di SMP N 2 Sapuran, serta mengetahui hambatan ketika melaksanakan aktivitas komunikasi interpersonal melalui media daring. Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria yang sudah ditentukan. Informan dalam penelitian ini terdari dari 3 orang guru SMP N 2 Sapuran dan 2 orang siswa SMP N 2 Sapuran. Data didapatkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yang kemudian data dianalisis dengan mengacu pada model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas komunikasi interpersonal guru dan siswa yang dilakukan melalui media daring terjadi secara dua arah. Namun, respon nonverbal tidak didapatkan ketika berkomunikasi melalui media daring. Walaupun tidak terdapat respon nonverbal ketika melaksanakan aktvitas komunikasi interpersonal melalui media daring, respon yang didapatkan tetap positif. Hambatan terbesar selama melaksanakan aktivitas komunikasi melalui media daring adalah kendala pada jaringan. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang tidak memiliki alat komunikasi sehingga tidak memungkinkan untuk berkomunikasi melalui media daring. Permasalahan lain yang juga ditemukan selama melaksanakan komunikasi interpersonal melalui media daring adalah terbatasnya kuota siswa.    Kata Kunci : aktivitas komunikasi, komunikasi interpersonal, daring Abstract This study aims to determine interpersonal communication activities relationships between teachers and students through online media at SMP N 2 Sapuran, as well as knowing the obstacles when carrying out interpersonal communication activities through online media. The research technique of this subject is purposive sampling, with predetermined criteriea. Informant in this study were 3 teachers of SMP N 2 Sapuran and 2 students of SMP N Sapuran. Data were obtained through interview and documentation techniques. The data validity technique in this study uses triangulation of sources, then the data was analyzed with reference to the interactive model. The result showed that interpersonal communication activities between teachers and students conducted through onine media occurs in two direction. However, nonverbal responses are not obtained when communicating through online media. Although there is no nonverbal response when carrying out interpersonal communication activities through online media, the response obtained is constant positive. The biggest obstacle during carrying out communication activities through online media is a constraint on the network. In addition, there are some students who does not have any communication device so it is not possible to communicate through online media. Other problems found while carrying out interpersonal communication through online media is limited student quota. Keywords: communication activities, interpersonal communication, online
Analisis Semiotika Representasi Laki-laki Metroseksual Pada Iklan Scarlett Whitening Versi Song Joong Ki di Instagram SEMIOTIC ANALYSIS OF METROSEXUAL MEN REPRESENTATIONS IN SONG JOONG KI'S SCARLETT WHITENING ADVERTISEMENT ON INSTAGRAM diah gita utami; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19171

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, serta representasi laki-laki metroseksual yang ditampilkan pada iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki. Objek penelitian ini adalah iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui akun Instagram resmi milik Scarlett Whitening periode Januari hingga Maret 2022. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan teori semiotika Roland Barthes. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat  6 scene yang merepresentasikan sikap narsis, percaya diri (klimis, senang bersolek, berpenampilan rapi, dan terlihat segar), 2 scene yang merepresentasikan ciri memiliki uang (mampu/kelas ekonomi atas), 2 scene yang merepresentasikan ciri urban dan 2 scene yang merepresentasikan ciri feminin (senang berbelanja/shopping, royal, dan banyak aksesori) yang dimiliki oleh laki-laki metroseksual. Laki-laki metroseksual meruntuhkan mitos sebelumnya bahwa laki-laki dianggap tabu jika bersolek. Laki-laki metroseksual memunculkan gambaran baru bahwa laki-laki sangatlah memperhatikan penampilannya.Kata kunci : Representasi, Laki-laki metroseksual, Iklan, Scarlett Whitening, Semiotika AbstractThis study aims to determine the meaning of denotation, connotation, and representation of metrosexual men displayed in Song Joong Ki's version of the Scarlett Whitening advertisement. The object of this research is Song Joong Ki's version of the Scarlett Whitening advertisement. This research use desciptive qualitative approach. It was carried out through Scarlett Whitening's official Instagram account for the period January to March 2022. The data sources used were primary and secondary data. The data were analyzed by Roland Barthes' semiotic theory. The validity of the data was obtained by triangulation method. Based on the results of the study, there are 6 scenes that represent narcissism, self-confidence (clean, likes to dress up, look neat, and look fresh), 2 scenes that represent the characteristics of having money (capable/upper economy class), 2 scenes that represent urban characteristics and 2 scenes that represent feminine characteristics (happy shopping/shopping, splurge, and lots of accessories) that are owned by metrosexual men. Metrosexual men demolish the previous myth that men are considered taboo when preening. Metrosexual men give rise to a new image that men really care about their appearance.Keywords : Representation, Metrosexual man, Advertising, Scarlett Whitening, Semiotics
PENGARUH TERPAAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PROMODAZZLE THE EFFECT OF PROMOTION EXPOSURE ON CONSUMER BUYING INTEREST ON SOCIAL MEDIA OF @PROMODAZZLE’S INSTAGRAM ACCOUNT mukhamad ubaidilah; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19177

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan promosi terhadap minat beli konsumen di akun Instagram @promodazzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah pengikut akun Instagram @promodazzle yang berjumlah 351.000 orang. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling serta penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 100 orang followers akun Instagram @promodazzle. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesinoer dengan 31 pernyataan tertutup. Angket penelitian di uji validitas dengan teknik korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan teknik Cronbach Alpha. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskirptif, serta uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana. Seluruh pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini dibantu dengan software IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara terpaan promosi terhadap minat beli konsumen yang ditunjukan dengan nilai korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,746 dan nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,556. Artinya variabel terpaan promosi memiliki kontribusi terhadap minat beli konsumen sebanyak 55,6% sedangkan sisanya 44,4 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.Kata kunci: Terpaan Promosi, Minat Beli Konsumen. AbstractThis aims of study is to determine whether there is an effect of promotional exposure to the consumer buying interest on social media of @promodazzle’s Instagram account. This research used a quantitative approach with a survey method. The population in this study are the @promodazzle’s Instagram followers, with total 351000 people.  The sample determine by Slovin formula, resulted 100 people. The data collection technique in this study used a questionnaire with 30 closed statement items. The questionnaire uses validity test with correlation technique Product Moment and reliability test with technique Cronbach Alpha. Meanwhile, for the data analysis technique used descriptive analysis, and hypothesis test used simple linear regression analysis. All the tests carried out in this study were assisted with software IBM SPSS 22. The results showed that there was a positive influence between promotional exposure (X) to the consumer buying interest (Y) on social media of @promodazzle’s Instagram account, it’s indicated by a positive correlation value (R) of 0.746 and the value of the coefficient determination (R square) X against Y is 0.556. It shows the contribution of promotional exposure on consumer buying interest is 55.6%, and the remaining 44.6% are determined by unexamined of another variables.  Keywords: Promotional Exposure, Consumer Buying Interest
JURNALISME DAMAI DALAM MEDIA ONLINE (Analisis Pemberitaan Konflik Wadas pada Kompas.com dan Detik.com) PEACE JOURNALISM IN ONLINE MEDIA (Analysis of Wadas Conflict Reporting on Kompas.com dan Detik.com ratna swastika rahayu; ulfah hidayati
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 3 (2022): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v5i3.19172

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan jurnalisme damai pada pemberitaan mengenai konflik Wadas di media Kompas.com dan Detik.com tanggal 8 Februari 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi terhadap 43 berita dari Kompas.com dan 24 berita dari Detik.com. Objek dalam penelitian ini yaitu media Kompas.com dan Detik.com yang melakukan pemberitaan konflik Wadas pada 8-9 Februari 2022. Teori yang digunakan yaitu teori jurnalisme damai Johan Galtung. Teknik pengumpulan data yakni dengan penelusuran mendalam pada portal berita kedua media. Uji validitas menggunakan rumus Holsty. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk frekuensi statistik. Hasil penelitan menunjukkan pemberitaan mengenai konflik Wadas di media Kompas.com dan Detik.com pada 8-9 Februari 2022 telah menerapkan prinsip jurnalisme damai Johan Galtung dengan frekuensi yang berbeda-beda di setiap indikatornya. Namun, tidak ada berita yang memenuhi seluruh indikator. Lalu, keempat orientasi didominasi oleh penerapan jurnalisme damai dari Kompas.com.Kata kunci : Pemberitaan Konflik, Jurnalisme Damai, Media Online AbstractThe purpose of this study is to describe how peace journalism might apply to the coverage of the conflict over Wadas in Kompas.com and Detik.com on February 8th, 2022. The study employed a quantitative approach using a method of content analysis of the 43 news from the Kompas.com and 24 news from the Detik.com. The object of this study is media Kompas.com and Detik.com that carried out the Wadas conflict on February 8th-9th 2022. This research used the theory of Johan Galtung's peace journalism. The data-gathering technique used in this research is depth search of the both media news portal. The technique used to test the validity of the data is Holsty Formula. Descriptive analysis is used as data analysis technique and presented in a statistical frequency.  Research shows a news of the Wadas conflict in Kompas.com and Detik.com on February 8th-9th, 2022 has applied the principles of the Johan Galtung peace journalism to different frequencies on each indicator. However, no news filled all the indicators. Then, the four orientations are dominated by the application of peace journalism from Kompas.com.Keywords : conflict release, peace journalism, online media

Page 1 of 1 | Total Record : 10